Welcome ... to Arkomnesia

Organisasi Dan Arsitektur Komputer


Pengenalan Organisasi Dan Arsitektur Komputer


      Blog ini membahas tentang pengenalan organisasi dan arsitektur komputer serta struktur dan fungsi komputer. Setelah rekan-rekan membaca blog ini diharapkan dapat memahami sifat dan karakteristik sistem-sistem komputer yang berkembang saat ini. Tantangan yang dihadapi adalah adanya bermacam-macam komputer dan perkembangan yang  pesat  dibidang  komputer,  namun  demikian  konsep  dasar  organisasi  komputer  telah digunakan secara konsisten secara menyeluruh. Blog yang saya buat ini bermaksud untuk memberikan bahasan yang  mudah tentang dasar-dasar organisasi komputer.
 


1. Komputer

Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori komputer.
Dalam bentuk yang paling sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika dan
logika, keluaran dan kontrol seperti pada gambar 1.1.

  

                  Gambar 1.1. Unit fungsional dasar pada komputer

Unit masukan menerima informasi yang yang dikodekan dari operator manusia lewat alat-alat  elektromekanik seperti  papan  ketik pada  suatu  terminal video, atau dari komputer- komputer  lain  lewat  jalur  komunikasi  digital.  Informasi  yang  diterima  dan  disimpan  dalam memori untuk   dipergunakan kelak, atau langsung diolah oleh rangkaian aritmetika dan logika untuk melaksanakan operasi yang diinginkan. Langkah-langkah pengolahan ditentukan oleh program yang disimpan dalam memori. Akhirnya hasil-hasil yang diperoleh dikirimkan kembali keluar melalui unit keluaran. Seluruh kegiatan ini dikoordinasi oleh unit kontrol.




2. Pengertian Organisasi dan Arsitektur  Komputer

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyalsinyal kontrol.
Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan  secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. 


3. Perbedaan Organisasi & Arsitektur Komputer

  • Organisasi Komputer
Yaitu bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol. 
  • Arsitektur Komputer
     Yaitu konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll. 

   Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

-  Perbedaan Utama :

  • Organisasi Komputer

               Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional

     Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyalsinyal kontrol


  • Arsitektur Komputer

      atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer

      Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme

I/O.


4. Struktur dan Fungsi Utama Komputer



1. Struktur Komputer

Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Dalam buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal komputer. Perhatikan gambar 1.2, terdapat empat struktur utama:
     Central  Processing  Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai processor (prosesor) saja.
      Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.

      I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.

     System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.


              Gambar 1.2 StrukturDasar Komputer

Komponen yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur CPU terlihat pada gambar 1.2, dengan struktur utamanya adalah :
     Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara keseluruhan.
     Arithmetic  And  Logic  Unit  (ALU),  berfungsi  untuk  membentuk  fungsi   fungsi pengolahan data komputer.
      Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.

      CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.



2. Fungsi Komputer

Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana seperti terlihat pada gambar 1.3. di bawah ini , Pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi , yaitu :
  •       Fungsi Operasi Pengolahan Data

  •       Fungsi Operasi Penyimpanan Data

  •       Fungsi Operasi Pemindahan Data

  •       Fungsi Operasi Kontrol


                 Gambar 1.3. Fungsi Komputer


Komputer harus dapat memproses data. Representasi data di sini bermacammacam, akan tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam pengolahan data,

          Komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu mekanisme penyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan  untuk  data  prosesnya.  Dalam  interaksi  dengan  dunia  luar  sebagai  fungsi pemindahan data diperlukan antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data. Gambar 1.4 mengilustrasikan operasi–operasi komputer. Gambar 1.4a adalah operasi pemindahan data, gambar 1.24 adalah operasi penyimpanan data, gambar 1.4c dan gambar 1.4d adalah operasi pengolahan data.


 
                                  Gambar 1.4. Operasi

   

5. Unit Fungsional Dasar Komputer

Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer :
·                     Input
·                     Memori
·                     Arithmetic dan logic
·                     Control
·                     Output
Input diterima dari informasi yang diberikan pengguna melalui alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse. Informasi ini lalu disimpan dalam memori komputer untuk penggunaan berikutnya atau proses selanjutnya yang dilakukan oleh arithmetic dan logic (ALU) atau bagian dari prosesor, untuk mendapatkan pengolahan yang diinginkan. Lalu, hasil pengolahan ini dikirim balik ke pengguna dengan alat output, seperti monitor dan speaker. Semua proses di atas dikoordinasi oleh unit kontrol.

sumberarkomnesia.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pages - Menu

Bang Asep. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Arkomnesia.com

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger